Minggu, 18 Desember 2011

Orang Sering Pura-pura Nelpon untuk Menghindar









Banyak hal yang dilakukan seseorang saat merasa tak nyaman atau ingin menghindari sesuatu. Di kalangan pengguna ponsel, selain sebagai alat komunikasi, ponsel kerap dijadikan alat untuk menghindari interaksi sosial.

Survei yang dilakukan oleh Pew Internet Research Center & American Life Project terhadap 2.277 responden tentang perilaku pengguna ponsel di Amerika mengungkapkan, sebanyak 13 persen orang dewasa mengaku sering berpura-pura menelepon untuk menghindari percakapan sosial dengan orang lain.
Mereka yang berasal dari kalangan lebih muda ternyata persentasenya lebih besar lagi. Sekitar 30 persen responden berusia 18-29 tahun mengaku menghindari percakapan dengan berpura-pura menelepon. Sementara yang berusia 30-49 tahun persentasenya mencapai 11 persen.

Dari survei terungkap, 42 persen memakai ponsel untuk menghilangkan rasa bosan dengan bermain game, mendengarkan musik, video, mengeksplorasi aplikasi hingga chatting di layanan instant messaging (IM). Dari jumlah tersebut, sekitar 70 persennya didominasi anak muda, sementara 51 persennya berusia antara 30 sampai 49 tahun.

Emerson Smith, sosiolog dan profesor asosiasi penelitian klinis di University of South Carolina School of Medicine mengatakan, perilaku tersebut merupakan bagian dari perkembangan sosial media dan ponsel.
Di satu sisi, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain lebih cepat dan menyebarkan pesan ke banyak orang. Kita bisa berbicara dengan siapa pun, di mana pun. Namun di sisi lain, kemampuan bertatap muka dan berkomunikasi dengan orang lain menjadi berkurang. Menurut Smith, perilaku ini bisa menimbulkan masalah tertentu. Misalnya di tempat kerja, terutama jika pekerjaan mengharuskan mereka untuk berkonsultasi atau bertatap muka dengan orang lain.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa meski dilengkapi fitur inventif, ponsel juga menyebabkan rasa frustasi. Sekitar 20 persen responden mengaku frustrasi jika ponselnya terlalu lama download sesuatu, 16 persen mengaku kesulitan membaca sesuatu di ponsel karena layar yang terlalu kecil. Sebagian besar responsen mengaku kecanduan ponsel, hanya 29 persen yang mematikan ponsel agar bisa beristirahat.

Sumber: dirangkum dari beberapa sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar