Jumat, 23 Desember 2011

Main Video Game Bikin Gemuk? Masak Sih?







Sejumlah peneliti dari Universitas Conpenhagen melakukan penelitian mengenai hubungan antara memainkan video game dan kegemukan yang disebabkannya. Apa hasilnya?

Menurut penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition tersebut, bermain video game seperti seri Electronic Arts, FIFA 11 bisa membuat pemainnya gemuk. Salah satu peneliti mengatakan bahwa dua penyebab obesitas ialah video game dan kurangnya tidur.

Dalam penelitian ini, para ahli fokus pada seorang remaja Denmark berusia 22 tahun yang memiliki kondisi tubuh yang sehat dan berat badan normal. Remaja ini telah menuntaskan 2 sesi FIFA 11 di Xbox 360 yang masing-masing berdurasi 1 jam dalam posisi duduk. Ia lantas melanjutkan kegiatannya tersebut dengan makan siang. Di sini peneliti menemukan bahwa setiap sesi dari permainan video game berhubungan dengan peningkatan jumlah makanan yang masuk, pengeluaran energi, sensasi selera makan dan lain-lain.

Di luar benar atau tidaknya penelitian tersebut karena hanya berfokus pada satu remaja saja, akan tetapi yang perlu diingat adalah bahwa melakukan kegiatan statis selama berjam-jam memang tidak baik bagi kesehatan. Selain FIFA 11, sebenarnya banyak game-game lain yang patut dilirik karena menawarkan kegiatan fisik yang menyenangkan alih-alih mengharuskan pemainnya duduk diam di kursi. Kinect for Xbox 360 keluaran Microsoft misalnya, menjadi piranti elektronik terlaris dalam sejarah di mana ia memiliki pengontrol hand-held untuk kegiatan fisik.

Game berbasis musik seperti Rock Band dan Guitar Hero, serta game dance milik Konami, Dance Dance Revolution (DDR) juga asyik dimainkan. Negara bagian seperti Hawaii dan West Virginia malah memakai DDR sebagai program edukasi fisik guna memerangi obesitas di sekolah. Mereka bahkan menyelenggarakan kontes DDR yang berhadiah beasiswa.

Sedangkan pada musim panas lalu, perusahaan video game terkenal asal Jepang Nintendo melakukan promo hidup sehat dengan menantang orang tua dan anak-anak untuk tetap aktif melalui permainan Wii.
Jadi, pintar-pintarlah memilih video game agar kesehatan tetap terjaga dan imbangilah dengan aktivitas luar yang ‘nyata’. Berita baik bagi konsumen ialah bahwa lini video game yang paling cepat pertumbuhannya sekarang ini ialah yang bergenre fitness atau latihan. Electronic Arts, Ubisoft, Namco Bandai, Majesco dan vendor game-game besar telah merilis game berbasis latihan yang mendulang sukses seperti EA Sports Active 2.0, Your Shape Fitness Evolved, dan Zumba Fitness. Tertarik?
Sumber: Forbes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar