Sabtu, 18 Februari 2012

Sekolah bukan tempat mencari nilai tetapi tempat mencari ILMU





Saturday, February 11, 2012  9:45:56 AM

Saya sekolah bukan mencari nilai tapi mencari ilmu, itulah yang saya camkan sekarang didalam hati saya, betul, ini yang selalu saya terapkan dalam perjalanan pendidikan saya sekarang, sejak saya menyadari kalau nilai bukanlah segalanya. Serius ketika saya masuk SMA, entah apa yang membuat jalan pikiran saya harus mendapat nilai bagus dengan grafik yang meningkat secara konsisten, bukannya menurun. Sejak saya menerapkan prinsip itu didalam hidup saya, saya seperti terbebas dari belenggu rasanya, saya menjadi seorang yang bebas dalam belajar, tanpa mementingkan lagi nilai, tanpa terbebani lagi dengan target yang mengharuskan nilai saya untuk naik terus. Saya seperti seorang yang mendapatkan kepuasan ketika belajar, sebelumnya saya tidak pernah merasakan begitu.

Bingung? Percayalah kalau Ilmu adalah segalanya...
sumber gambar : edukasi.kompasiana.com


Saya menyesal, karena saya rasa cukup telat saya menyadarinya, yaitu sekitar 8 bulan yang lalu ketika saya awal kelas 3 dan saya mulai belajar disebuah bimbel, saya melihat begitu banyak orang yang diatas saya sesungguhnya, begitu jauh saya tertinggal dari mereka, dan mereka semua menerapkan prinsip itu sejak lama, alhasil prinsip itu dapat mengantarkan mereka meraih kesuksesan, selain itu saya juga banyak membaca artikel, tulisan dan testimony dari mahasiswa di sebuah Institut tinggi ternama di Indonesia yang menjadi idam-idaman saya dan tujuan saya selanjutnya yang memiliki dan menerapkan prinsip tersebut pada mahasiswanya, sungguh luar biasa memang, Institut itu menjadi Universitas terbaik di Indonesia, saya juga berpikiran kalau saya ingin masuk kesana (belajar) saya harus merubah mindset, dan cara saya belajar, serta sebagian perilaku dalam kehidupan saya, agar dapat menjadi seperti mahasiswa di Institut tersebut.
Setelah saya menerapkan prinsip itu didalam diri saya, kehidupan saya menjadi special rasanya, saya selalu merasakan kepuasan setiap saya selesai belajar, dan yang menariknya tanpa saya kejar pun nilai saya meningkat fantastis, jauh dari apa yang saya rasakan dulu, kalau dulu saya hanya berorientasi pada nilai, dan bukannya nilai yang bagus yang saya dapat, saya merasa tidak tahu apa yang saya pelajari, semua seperti biasa saja, setelah ulangan atau ujian semuanya serasa hilang, maksudnya ilmu itu, hilang dan rasanya tidak ada lagi yang tersisa.
Lakukan semuanya dengan ketulusan hati dan lihat apa yang terjadi

sumber gambar : tersenyumlahbidadari.blogspot.com

Sungguh berbeda, ketulusan dalam melakukan segala kegiatan saya rasa sangat diperlukan, bukan hanya untuk mengejar sesuatu. Sekarang saya rela belajar hingga pagi, hanya untuk mengejar kepuasan belajar. Dan itu selalu saya dapat, berbeda sekali ketika dulu saya hanya belajar untuk nilai, sangat susah bagi saya untuk belajar hingga tengah malam, susah untuk memfokuskan diri, sungguh. Jadi intinya, kita harus melakukan sesuatu itu dengan tulus dan tanpa mengharapkan imbalan, atau jangan hanya meminta atau mengharapkan imbalan dari apa yang kita kerjakan, semuanya itu akan berjalan beriringan sesuai dengan yang kita kerjakan. Percayalah. J


>——(---)——<


Tidak ada komentar:

Posting Komentar